Sistem Kesehatan

Sistem ini mempunyai dua fungsi: ke masyarakat dan internal Pemda. Melalui sistem ini masyarakat dapat mengetahui informasi sekitar fasilitas kesehatan yang disediakan oleh Pemerintah Daerah, meliputi nama dan tempat lokasi rumah
sakit dan puskesmas, kelas layanan, rincian layanan apa saja yang disediakan, dan lain-lain sehingga memudahkan masyarakat dalam memanfaatkan fasilitas kesehatan tersebut.
Untuk internal Pemda, sistem ini dismaping memberikan data nama dan tempat lokasi, juga memberikan status fasilitas kesehatan tersebut, sarana dan prasarana pendukung, status aktivitas kegiatan, statistik penyakit, dan lain-lain sehingga dalam menyususn kebijakan dan program erja di bidang kesehatan, Pemerintah Daerah dapat lebih fokus dan tepat sasaran.

Fungsi :

  1. Publikasi informasi kesehatan kepada masyarakat meliputi: nama dan tempat lokasi rumah sakit  dan puskesmas, fasilitas dan layanannya polikliniknya, laboratorium, apotek, dan lain-lain.
  2. Perencanaan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, meliputi
    o  Menginventarisir kebutuhan pelayanan kesehatan dari tiap wilayah
    o  Menyusun rencana kegiatan pelayan kesehatan masyarakat, misalnya melalui rumah sakit, balai kesehatan ibu dan anak, posyandu, klinik, praktek dokter, bidan, dokter gigi, ahli khitan, optik, laboratorium kesehatan dan sebagainya.

Integrasi :

  1. Blok Fungsi Pelayanan
  2. Modul Publikasi Informasi Umum dan Kepemerintahan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.